Perkembangan drumband di Indonesia

No ratings yet.

Drumband merupakan sebuah kelompok barisan yang memainkan berbagai alat music, seperti perkusi, alat tiup, dan juga intrumen pit secara bersamaan dengan memainkan sebuah lagu yang menarik. Permainan drumband sangat menarik, kombinasi permainan alat music satu dengan alat music lainnya, serta terdapat aksi baris-berbaris di dalamnya. Permainan drumband biasanya dikelompokkan menjadi beberapa personel, dan juga dipimpin secara langsung oleh satu atau dua orang. Aksi pemain drumband biasanya dilakukan di area terbuka seperti lapangan untuk menarik penonton drumband. Pemain drumband juga membentuk formasi dengan pola yang berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi terhadap lagu yang akan dimainkan.

perkembangan drumband

Secara umum drumband memiliki kelompok dengan jumlah anggota, komposisi dan berbagai peralatan yang dipergunakan  oleh setiap personil, serta mempunyai gaya dan juga kostum yang seragam. Drumband memiliki tampilan tersendiri, sehingga drumband memiliki banyak peminat untuk di tonton. Drumband sendiri biasa digunakan untuk pengiring, parade perayaan, festival , kejuaraan olahraga atau yang lainnya. Drumbnad memiliki dinamikadi dalam sebuah kesenian dan juga paling seimbang dalam setiap penampilannya. Terkadang pemain drumband juga melakukan berbagai atraksi individual, atraksi ini sering di lakukan oleh pemimpin drumband/mayoret atau bisa juga pemian lainnya.

Drumband sangat berbeda sekali dengan marchingband karena penampilan drumband dikategorikan terpisah, dan juga memiliki berbagai penggunaan instrument perkusi dengan lebih banyak dari instrumen music tiup. Berbeda dengan marchingband yang lebih dikenal dengan salah satu institusi kemiliteran ataupun kepolisian.

perkembangan drumband di Indonesia

Sejarah Terbentuknya Drumband

Drumband sudah ada pada masa purba. Saat itu kegiatan dilakukan oleh beberapa musisi dengan bermain berbagai alat music secara berkelompok. Kegiatan ini dilakukan sambil berjalan untuk mengiringi suatu perayaan ataupun sebuah festival. Dengan berkembangnya music drumband saat ini, drumband lebih terarah dalam kemiliteran. Selain itu awal terbentuknya orkes militer juga merupakan awal dikenalnya drumband pada saat ini.

Perkembangan drumband untuk saat ini lumayan cepat, dan sudah menyebar di berbagai berbagai tempat dengan tradisi militer yang tetap bertahan seperti sekarang. Dalam tradisi tersebut atribut kemiliteran juga digunakan, tata cara berjalan juga diterapkan, bahkan pemberian instruksi di dalam drumband pun merupakan adaptasi dari tradisi militer yang telah disesuaikan sedemikian rupa.

Budaya Drumband sendiri sudah berkembang pesat di Indonesia. Drumband lahir untuk menfokuskan penampilan pada suatu permainan alat music dan visual secara seimbang. Lain halnya dengan marchingband yang lebih mengoptimalkan terhadap kegiatan olahraga. Perkembanganya cukup cepat dan juga sangat terkenal dan popular di negara Indonesia. Selain itu drumband memiliki teknik permainan yang bervariasi, yang dipergunakan salah satu  grup drum dari Negara Amerika yaitu grup drum corps, khususnya untuk instrument perkusi.

drumband di Indonesia

Animo Masyarakat Dalam Kebudayaan Dengan Drumband

Untuk zaman sekarang masyarakat sudah banyak mengenal drumband dengan kebudayaannya. Dalam budaya betawi ada kesenian dengan nama tandijor dengan bentuk kesenian dengan salah satu bagian dari kebudayaan masyarakat. Tanjidor sendiri merupakan kesenian yang berasal dari bangsa portugis yang datang ke Indonesia pada abad ke 14-16. Ahli sejarah mengemukakan tanjidor berasal dari kata tanger, sedang di dalam bahas portugis berarti bermain alat music. Alat music ini biasanya dimainkan secara umum, dan juga dimainkan dalam suatu acara militer atau bisa juga upacara keagamaan.

Drumband memiliki berbagai macam instrument music, semua digelompokkan menurut golongannya, yaitu menurut dan cara memainkannya. Secara tidak langsung sistem pengelompokkan ini dapat mempengaruhi struktur organisasi kepelatihan dengan spesifikasi menurut kategori tersebut, diantara kategori instrument yang berbeda memiliki seorang pelati tersendiri. Tidak hanya itu, drumband sendiri juda dapat berpengaruh pada perilaku sosial di dalam lingkungan.

sejarah drumband

Beberapa Instrumen Musik Tiup Dalam Drumband

Ada banyak jenis instrument music tiup yang bisa digunakan dalam permaina drumband, dan juga dimanfaatkan untuk drumband versi terdahulu. Berbagai model intrumen tiup itu pun diantaranya saksofon, flute, flugelhorn, clarinet, sousaphone, trombone, dan juga cornet. Secara umum  model instrument music tiup yang dipakai dalam drumband dengan nada B dan juga F. Berikut merupakan alat instrument music tiup yang biasanya digunakan dalam permainan drumband yaitu :

  1. Trompet
  2. French Horn
  3. Mellophone
  4. Contra Bass atau Tuba
  5. Baritone, Euphonium
  6. Tenor Horn

Instrumen Musik Perkusi Dalam Permainan Drumband

Dalam permainan drumband terdapat jenis instrument alat music perkusi  yang sangat familiar di kalangan orang-orang. Instrument alat music perkusi juga dikenal dengan jenis music bergerak yang dibawa oleh pemain, yang alat music tersebut dimainkan dalam sebuah barisan.

Secara umum instrument alat music perkusi dilakukan sambil berjalan dan sebagai lini drum atau battery. Ada berbagai macam instrument music perkusi yang digunakan dalam drumband, namun lebih sedikit dibandingkan dengan yang digunkana dalam permainan marchingband, berikut ini beberapa jenis alat music perkusi diantara :

  1. Snare drum
  2. Drum tenor atau Quint
  3. Drumb bass
  4. Sambal
  5. Music Pit

sejarah drumband di Indonesia

Yang dimainkan musik pit dalam permainan drumband merupakan instrument musik perkusi yang bernada cukup baik. Namun musik pit tidak dapat ikut dalam barisan seperti halnya dengan kelompok instrument lainnya, tetapi musik pit dapat dimainkan dibagian depan lapangan terbuka yang digunakan sebelum tampil. Jenis instrumen musik yang dapat dipakai dalam permainan drumband biasanya lebih bervariasi dibandingkan drumband terdahulu. Diantaranya

  1. Tubular bell
  2. Drumb bass
  3. Timpani
  4. Gong Cina
  5. Sambal
  6. Marimba
  7. Vibraphone
  8. Xylophone

Please rate this